Workbook dan Worksheet pada Excel, Apa Perbedaannya?

Blogdope.com Workbook dan Worksheet pada Excel, Apa Perbedaannya? Ketika bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Excel, tentu kita akan sering sekali menjumpai istilah workbook dan worksheet.

Baik Workbook maupun worksheet keduanya merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah file Excel. Apa perbedaan di antara keduanya?

Baca Lagi: Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Excel

Jika kita buat sebuah analogi atau perumpamaan, sebuah file Excel ibaratnya sebuah buku. Di dalamnya terdapat lembaran-lembaran kertas yang dapat kita tulisi.

Nah, buku secara utuh itulah yang dimaksudkan dengan Workbook. Sedangkan setiap lembaran kertas yang terdapat di dalam buku di umpamakan dengan Worksheet.

Jadi, dapatkah Anda menarik kesimpulan sendiri apakah pengertian workbook dan worksheet pada Excel?

Pengertian Workbook dan Worksheet pada Aplikasi Microsoft Excel

1. Pengertian Workbook Aplikasi Microsoft Excel

perbedaan workbook dan worksheet pada excel
Perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel

Dalam aplikasi Microsoft Excel, setiap file yang di buat oleh pengguna untuk mengolah data selalu tersimpan dalam sebuah buku kerja atau Workbook.

Microsoft Excel secara standar menetapkan bahwa dalam sebuah file pengguna pasti memiliki 1 (satu) buah Workbook. Sedangkan ekstensi jenis filenya, oleh programmer Excel ditentukan bahwa sebuah file data Excel berakhiran xls, xlsx, xlsm.

Sedangkan sebuah Workbook itu sendiri masih terbagi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Kemudian bagian-bagian kecil dari sebuah Workbook inilah yang kita kenal dengan sebutan Worksheet.

Pengertian lain dari Workbook adalah area di mana pengguna melakukan beragam aktivitas utama pada pada aplikasi Microsoft Excel. Dengan kata lain, Workbook pada Excel merupakan kumpulan dari beberapa Worksheet.

Coba sekarang Anda perhatikan tampilan lembar kerja Microsoft Excel di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Antarmuka Aplikasi Microsoft Excel dan Fungsinya

2. Pengertian Worksheet pada Aplikasi Microsoft Excel

Sebelumnya telah dinyatakan bahwa Worksheet merupakan bagian kecil dari sebuah Workbook Excel. Di dalam Worksheet inilah nantinya kita sebagai pengguna akan memasukkan data, membuat tabel, membuat grafik, dan sebagainya.

Masyarakat umum sering kali menyebut istilah Worksheet dengan sebutan “sheet” saja. Secara default, aplikasi Microsoft Excel menyediakan 3 buah sheets untuk setiap Workbook. Kita bisa menambahkan jumlah sheet di dalam sebuah Workbook sebanyak mungkin sesuai kebutuhan.

Setiap Worksheet terdiri atas 256 kolom (column) dan 65.536 baris (row).

Pada Excel mulai versi 2007 sampai yang terbaru, Microsoft sebagai pengembang aplikasi Excel menambah jumlah kolomnya menjadi 16.384 kolom. Sedangkan jumlah barisnya bertambah menjadi 1.048.576 baris.

Kesimpulannya, jika sebuah buku kerja atau Workbook Excel merupakan buku secara utuh, maka lembar kerja atau Worksheet Excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut.

Kolom, Baris, dan Sel pada Excel

Bagian penting dari sebuah Worksheet yang harus menjadi pedoman kita adalah kolom (column) dan baris (row). Kolom pada Worksheet Excel di tandai dengan judul berupa huruf alfabetikal mulai dari A, B, C, … , dan seterusnya.

Di sisi lain, untuk penanda baris (row) menggunakan penunjuk berupa nomor, dimulai dari nomor 1, 2, 3, …, dan seterusnya.

Area perpotongan antara kolom dan baris di dalam Excel ini kemudian kita kenal dengan sebutan sel (cell). Setiap sel dapat kita isi dengan data berupa angka, teks, rumus atau formula, tanggal, dan sebagainya.

Terdapat 3 (dua) jenis sel di dalam aplikasi Microsoft Excel, yaitu:

Pertama, sel absolut (absolute cells)

Kedua, sel relatif (relative cells)

Ketiga, sel referensi (reference cells)

Penjelasan selengkapnya terkait ketiga jenis sel dalam aplikasi Excel tersebut dapat Anda baca pada artikel Jenis-jenis Sel pada Aplikasi Microsoft Excel.

Sekarang silahkan cermati deskripsi perbedaan antara Cell dan Range Cell pada Excel.

Baca: Mengenal Sejarah Perkembangan Aplikasi Microsoft Word dan Fungsinya

Perbedaan Cell dan Range pada Excel

Perhatikan gambar di bawah ini.

Sel dan Range Pada Microsoft Excel

1. Pengertian Cell (Sel) Excel

Sel atau Cell Excel merupakan area perpotongan antara kolom (column) dan baris (row) pada aplikasi Microsoft Excel. Biasanya, sebuah sel berwujud kotak-kotak kecil di dalam sebuah Worksheet.

Di dalam sebuah Worksheet Excel totalnya terdiri atas lebih dari 17 miliar sel, atau angka tepatnya ialah 17.179.869.184 sel. Sangat luar biasa, bukan?

Faktanya, sel atau Cell pada Excel merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan titik pertemuan antara kolom dan baris pada sebuah lembar kerja atau Worksheet tempat di mana kita memasukkan data atau formula/rumus Excel.

Cell Excel tentu memiliki nama atau alamat. Penamaan nama atau alamat sebuah Cell merujuk pada nama kolom dan nomor baris sel tersebut. Misalnya sebuah sel beralamat di B6, artinya sel tersebut menempati kolom B pada baris yang ke-6.

2. Range Cell Excel

Range Cell atau rentang sel pada aplikasi Excel merupakan kumpulan dari beberapa sel pada sebuah Worksheet.

Bekerja dengan Worksheet Excel

Secara standar (default), dalam sebuah file Excel yang baru di buat tersedia 3 (tiga) buah Worksheet yang bernama Sheet 1, Sheet 2, dan Sheet 3.

Keberadaan Worksheet ini nantinya akan memudahkan kita sebagai pengguna untuk melakukan pengelolaan terhadap data di dalam file Excel. Sebagai contoh, pada Sheet 1 berisi data daftar kelas tiap jenjang, Sheet 2 berisi data umum peserta didik, sedangkan Sheet 3 berisi daftar nama peserta didik setiap kelas.

Apakah hanya sebatas itu saja? Jawabannya tentu saja tidak.

Kita dapat melakukan banyak hal dengan Worksheet di dalam file Excel. Mari kita kulik lebih dalam lagi apa saja yang dapat kita lakukan dengan Worksheet Excel ini.

Baca Juga: Mengenal Bagian-bagian Aplikasi Microsoft Word 2007 dan Fungsinya

1. Cara Menambah Worksheet Baru di dalam Workbook Excel

Mungkin Anda akan bertanya, bagaimana cara menambah jumlah lembar kerja atau Worksheet di dalam sebuah buku kerja atau Workbook Excel?

Cara menambah Worksheet di dalam Workbook Excel sangat mudah.

Kita cukup menekan atau klik tanda plus (+) pada bagian bawah di samping kanan nama Sheet. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menambahkan Sheet Excel

Sedangkan jika kita ingin menambah Worksheet di dalam Workbook Excel menggunakan menu, caranya ialah Klik menu Tab Home – Group Cells – Insert – Insert Sheet.

Menu Insert Sheet Excel

Perbedaan di antara kedua cara di atas ialah cara pertama akan menambahkan Worksheet baru di sebelah kanan Sheet 3. Sedangkan cara yang kedua akan menambahkan sebuah Worksheet baru di sebelah kiri Sheet 1.

Pada dasarnya kita dapat menambahkan sebanyak apapun Worksheet di dalam sebuah Workbook Excel. Semuanya tergantung pada kapasitas memori komputer yang tersedia.

2. Cara Menghapus Worksheet

Paparan sebelumnya telah menjelaskan cara menambah Worksheet baru di dalam sebuah Workbook Excel. Bagaimana jika sebaliknya?

Jumlah standar lembar kerja atau Worksheet di dalam Workbook Excel adalah 3 buah. Adapun dari jumlah tersebut dapat kita kurangi sampai hanya menjadi 1 buah Worksheet saja andai memang diperlukan.

Jika kita ingin menghapus sebuah Worksheet dari dalam Workbook Excel, dapat kita lakukan cara atau prosedur yang sederhana. Cara menghapus Worksheet adalah dengan melakukan klik kanan pada Worksheet yang akan dihapus kemudian pilih Delete.

Agar lebih jelas, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menghapus Sheet Excel

Atau dapat juga menggunakan menu yang sudah tersedia. Caranya ialah klik menu Home – Group Cells – Delete – Delete Sheet.

Menu Delete Sheet Excel

Bagaimana jika di dalam Worksheet yang akan kita hapus tersebut terdapat data-data tertentu?

Jika dalam sebuah Worksheet yang akan kita hapus terdapat data-data, maka Excel akan memberikan pesan peringatan yang menyatakan bahwa Worksheet tersebut berikut data-data di dalamnya akan terhapus secara permanen.

Dengan kata lain, Worksheet dan data di dalamnya tidak akan bisa di pulihkan lagi.

3. Cara Berpindah antar Worksheet

Bagaimanakah cara berpindah antar Worksheet di dalam Workbook Excel?

Untuk berpindah dari Worksheet satu ke Worksheet yang lain dapat kita lakukan dengan memilih (klik) nama Worksheet di bagian Worksheet Tab.

Kita dapat juga melakukan perpindah antar Worksheet tanpa bantuan mouse. Bagaimana caranya?

Cara cepat berpindah antar Worksheet menggunakan papan ketik atau keyboard dengan menekan kombinasi tombol CTRL + Page Up (untuk pindah ke Worksheet berikutnya). Sedangkan untuk berpindah ke Worksheet sebelumnya, kita gunakan kombinasi tombol CTRL + Page Down.

4. Cara Mengubah Urutan Worksheet

Urutan posisi Worksheet di dalam Workbook Excel dapat kita rubah dan sesuaikan menurut kebutuhan pengguna.

Untuk merubah posisi Worksheet di dalam Worksheet Tab bisa kita lakukan dengan cara klik dan tahan Worksheet yang akan kita pindah, kemudian tarik dan tempatkan pada urutan yang kita kehendaki.

Prosedur tersebut dikenal dengan istilah Drag and Drop.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini agar pemahaman Anda lebih jelas.

Merubah Posisi Worksheet Excel

5. Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Worksheet Excel

Bisakah sebuah Worksheet Excel kita sembunyikan agar tidak nampak oleh orang lain? Tentu saja bisa.

Cara menyembunyikan sebuah Worksheet tertentu dapat kita lakukan dengan cara klik kanan nama Worksheet kemudian pilih menu Hide.

Cara menyembunyikan worksheet excel

Sedangkan jika kita ingin menampilkan Worksheet yang tersembunyi caranya adalah dengan klik kanan pada bagian salah satu nama Worksheet, kemudian pilih menu Unhide selanjutnya OK.

Cara menampilkan worksheet yang tersembunyi

6. Cara Mengubah Nama Worksheet

Terkadang kita perlu mengubah nama sebuah Worksheet agar lebih mudah memahami isi data di dalamnya. Selain itu juga mempermudah pengguna untuk mengingatnya.

Cara mengubah nama Worksheet Excel di lakukan dengan klik kanan pada salah satu Worksheet yang akan kita rubah namanya, kemudian dari menu yang muncul pilih Rename.

Atau dapat juga kita lakukan dengan melakukan double klik pada nama Worksheet yang akan kita rubah namanya.

Cara merubah nama worksheet Excel

Bagaimana, mudah bukan mempelajari perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel?

Silahkan ukur pemahaman Anda dalam memahami perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel dengan menjawab soal-soal di bawah ini.

Setelah memahami perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel tentu akan lebih mudah bagi kita untuk lebih mendalami penggunaan aplikasi Microsoft Excel.

Artikel Terpopuler Lainnya:

Kiranya cukup itu dulu saja untuk pertemuan kali ini. Kita akan lanjutkan materi berikutnya pada perjumpaan selanjutnya.

Selamat belajar dan berlatih, semoga sukses.

Terima kasih.